Berita
Survei Lingkungan Belajar 25 September - 22 Oktober Merupakan Upaya Wujudkan Transformasi Satuan Pendidikan Berkualitas
Berita 2023-09-12 | 18:30:00
PAUDPEDIA — Analis Kebijakan Ahli Muda, Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan Kemendikbudristek, Fransisca Nuraini Krisna mengatakan transformasi satuan pendidikan melalui Survei Lingkungan Belajar merupakan upaya menghadirnya kualitas lingkungan belajar di satuan pendidikan lebih berkualitas yang tertuang dalam Rapor Pendidikan. Pelaksanaan Sulingjar sangat ditentukan oleh sinergi dan kolaborasi Dinas Pendidikan dan satuan pendidikan anak usia dini.
Fransisca Nuraini menuturkan penilaian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) pada 25 Oktober hingga 22 September 2023 serentak di Indonesia berada di dimensi D dan E dalam Rapor Pendidikan akan menjadi gambaran penting yang dapat menunjukan sejauh mana satuan pendidikan telah melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran.
“Untuk Sulingjar akan lebih banyak penilaian untuk dimensi D yaitu mutu dan relevansi pembelajaran atau kualitas pembelajaran, serta dimensi E yaitu pengelolaan sekolah yang partisipatif atau kualitas pengelolaan satuan pendidikan,” terangnya.
Penyelenggaraan Sulingjar juga bertujuan untuk mendapatkan gambaran kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan yang diikuti oleh pendidik, kepala satuan pendidikan, dan peserta didik. Untuk itu, peserta Sulingjar diharapkan dapat berpartisipasi aktif karena data Sulingjar akan dijadikan sebagai bagian dari data Rapor Pendidikan.
“Partisipasi setiap pendidik dan kepala satuan pendidikan di dalam Sulingjar akan mempengaruhi akurasi gambaran umum iklim belajar dan iklim satuan pendidikan. Sebab hasil Sulingjar akan dilaporkan sebagai hasil satuan pendidikan dan tidak dilaporkan sebagai hasil individu peserta didik maupun pendidik dan kepala satuan pendidikan,” ujarnya.
Melalui Sulingjar, informasi spesifik yang didapatkan oleh guru, kepala satuan pendidikan dapat membantu satuan pendidikan meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengalami praktik pembelajaran yang menyenangkan.
Partisipasi aktif ini penting juga untuk mendapatkan keanekaragaman perspektif, untuk mendapatkan informasi akurat, termasuk untuk dapat mengambil keputusan lebih baik ke depannya dan dapat merancang lingkungan belajar yang sesuai dengan kebutuhan.
Langkah-langkah pengisian dan pemantauan pelaksanaan Sulingjar, L. Manik Mustikohendro, mengungkapkan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan adalah harus memastikan terdaftar di SDM pengelola data untuk login ke Dasbor Sulingjar. “Langkah kedua adalah melakukan cetak kartu login PTK untuk mengakses kuesioner Sulingjar. Setelahnya bisa melaksanakan Sulingjar. Langkah terakhir, memantau proses pengisian Sulingjar,” terang L. Manik.
Terkait dengan pentingnya pelaksanaan Sulingjar, Mansur mengatakan, bahwa Sulingjar merupakan salah satu upaya untuk mencapai luaran dari gerakan Merdeka Belajar, yaitu Profil Pelajar Pancasila. Ia menjelaskan bahwa kualitas literasi, numerasi, dan lingkungan belajar serta interaksi dinamis dan resiprokal dari ketiganya akan menentukan kualitas luaran dari Profil Pelajar Pancasila.
“Profil Pelajar Pancasila merumuskan karakteristik sosok yang mampu mengadaptasikan diri di era saat ini. Bukan hanya literasi dan numerasi, tapi sudah dibuatkan rumusan yang diasumsikan dapat menjadi alat untuk menjalani kehidupan saat ini. Pengembangan karakter murid melalui Profil Pelajar Pancasila, didukung oleh lingkungan belajar yang menjadi pemicu literasi dan karakter berkembang secara optimal, sehingga Sulingjar ini penting untuk dilaksanakan,” ucap Mansur.
Mengingat pentingnya Sulingjar untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, Elly Wismayanti menekankan agar seluruh peserta yang melaksanakan Sulingjar dapat menyesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing. “Mari kita mengerjakan Sulingjar dengan apa adanya agar mengetahui akar permasalahan yang ada di satuan pendidikan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran,” pungkas Elly.
Lewat pelaksanaan Sulingjar, satuan pendidikan bisa mendapatkan potret utuh kualitas pembelajaran yang nantinya akan menjadi basis data dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengalami praktik pembelajaran yang menyenangkan.
Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) adalah salah satu bentuk evaluasi internal satuan pendidikan yang mengukur kualitas pembelajaran dan iklim satuan yang menunjang pembelajaran pada satuan PAUD.
Sulingjar PAUD merupakan survei yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas layanan PAUD sebagai bagian dari evaluasi sistem pendidikan.
Hasil Sulingjar PAUD akan diolah oleh Kemendikbudristek agar satuan PAUD mendapatkan data yang terorganisir dalam bentuk Profil Pendidikan sehingga memudahkan satuan PAUD dalam melakukan perencanaan dalam bentuk Perencanaan Berbasis Data.
Indikator yang digunakan dalam Sulingjar PAUD adalah indikator PAUD Berkualitas yang merupakan bagian dari Profil Pendidikan PAUD. Indikator dalam Profil Pendidikan untuk PAUD terdiri dari tiga aspek, yaitu: aspek input, aspek proses, dan aspek output. Sulingjar PAUD berfokus untuk memotret aspek proses tersebut yang terdiri atas dua dimensi, yaitu: Kualitas proses pembelajaran (Dimensi D) dan Kualitas pengelolaan sekolah (Dimensi E).
Dimensi D pada profil pendidikan PAUD meliputi perencanaan untuk proses pembelajaran yang efektif, pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini, muatan pengembangan yang sesuai kurikulum, dan asesmen yang meningkatkan kualitas pembelajaran.
Dimensi E pada profil pendidikan PAUD meliputi indeks ketersediaan sarana prasarana esensial, indeks iklim keamanan dan keselamatan sekolah, indeks iklim inklusivitas sekolah, indeks refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh pendidik, indeks kepemimpinan dan kebijakan satuan yang mendukung refleksi dan perbaikan layanan, indeks kemitraan dengan orang tua/wali untuk kesinambungan stimulasi di satuan dan di rumah, indeks layanan holistik integratif, indeks kapasitas perencanaan, dan indeks akuntabilitas pembiayaan.
Manfaat Sulingjar PAUD
Manfaat bagi Satuan PAUD:
- Mendapatkan informasi komprehensif dalam bentuk profil pendidikan yang akan memudahkan satuan PAUD dalam menyusun perencanaan (melalui Perencanaan Berbasis
- Data) dan melakukan peningkatan kualitas layanan di satuan PAUD; dan Turut mendukung kepemilikan data nasional mengenai proses pembelajaran dan pengelolaan PAUD yang belum pernah ada.
- Manfaat bagi Pemerintah Daerah: mengetahui kondisi layanan di wilayahnya dan dapat mengidentifikasi dukungan yang dibutuhkan oleh satuan PAUD
- Manfaat bagi Mitra: dapat menggunakan profil pendidikan sebagai baseline untuk merancang bentuk pendampingan yang paling sesuai dengan kebutuhan satuan PAUD
Manfaat bagi Pengawas/penilik:
- Dapat memahami kondisi satuan PAUD sehingga mengetahui bentuk pembinaan seperti apa yang dibutuhkan oleh satuan PAUD Siapa Peserta Sulingjar PAUD?
- Sulingjar PAUD diikuti oleh seluruh satuan pendidikan jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, termasuk satuan pendidikan Indonesia di luar negeri (SILN) yang terdaftar pada Dapodik atau EMIS dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid.
- Pihak-pihak yang dapat mengisi Instrumen Sulingjar PAUD:
- Kepala satuan PAUD yang terdaftar dalam Dapodik atau EMIS dan berstatus aktif pada saat pemutakhiran data; dan
- Pendidik yang terdaftar dalam Dapodik atau EMIS dan berstatus aktif pada saat pemutakhiran data.
Di Mana Sulingjar PAUD Dilaksanakan?
Dimana dan Kapan Sulingjar PAUD Dilaksanakan?
Kepala satuan PAUD dan pendidik mengisi Instrumen Sulingjar PAUD secara mandiri dan daring pada laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/ selama masa pengisian Sulingjar PAUD berlangsung (25 September - 22 Oktober 2023).
Penulis Eko
InfoTerkini
Bolehkah Menormalisasi "Namanya Juga Anak-anak"?
Ruang Artikel 2025-05-03 | 16:20:00
...
selengkapnya