Berita
Peran UPT Menjadi Agen Perubahan Terus Didorong, Narasi Kebijakan Program Prioritas PDM Harus Disampaikan Secara Tepat
Berita 2023-10-05 | 12:27:00
PAUDPEDIA — PIC Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (PDM) 07, Lailatul Machfudhotin mengatakan peran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek yang ada di provinsi sangat vital dalam mengawal dan menjadi perpanjangan tangan program prioritas Kemendikbudristek . UPT tidak hanya sebagai penyampai informasi, namun juga sebagai agen perubahan di daerah. Peran UPT di Provinsi sebagai agen perubahan akan terus ditingkatkan kapasitasnya.
"Karena itu, sangat diharapkan UPT dapat berperan menyebarluaskan pesan, narasi program dan kebijakan Kemdikbudristek secara tepat. Khususnya program prioritas PDM, kepada target audiens seperti Pemda, Dinas, kepala sekolah, guru, murid, orang tua dan masyarakat umum dengan menggunakan bahasa dan pendekatan yang mudah dipahami. Target audiens diharapkan: Mengetahui dan memahami program prioritas PDM Memberikan sentimen positif terhadap program prioritas PDM," " ujar Lailatul Machfudhotin dalam Workshop Penguatan Kapasitas Petugas Helpdesk di Surabaya, Selasa (03/10).
Peserta kegiatan terdiri dari petugas helpdesk di UPT, Direktorat teknis dan Setditjen di lingkungan Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, perwakilan petugas helpdesk Ditjen GTK dan Ditjen Vokasi, dan tim PDM 07 Publikasi dan Komunikasi. Workshop Penguatan Kapasitas Petugas Helpdesk Regional 1 dilaksanakan secara tatap muka (luring) pada tanggal 2 – 4 Oktober 2023, di Hotel Platinum Surabaya.
Selain itu, lanjutnya UPT diharapkan untuk lebih kreatif dalam menyampaikan pesan ke pemangku kepentingan di daerah. Sesuaikan komunikasi dengan karakteristik dan budaya setempat. Berbagai metode kreatif seperti cerita, gamifikasi, video, dan kegiatan interaktif. Berfokus pada daya tarik dan keterlibatan audiens.
Dikatakan, pemangku kepentingan pendidikan perlu memahami bahwa Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya saat ini telah menjadi gerakan besar yang memberdayakan ekosistem pendidikan dan kebudayaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
"Merdeka Belajar telah menjadi gerakan besar yang memberdayakan ekosistem pendidikan dan berdampak nyata pada peningkatan kualitas pembelajaran bagi murid dari PAUD, pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi. Merdeka Berbudaya telah menjadi gerakan besar yang memberdayakan ekosistem kebudayaan dan berdampak nyata pada para pelaku dan upaya pemajuan kebudayaan Indonesia," paparnya.
Sementara itu, PIC PMO PDM 06 Assesmen Nasional, Elly Wismayanti, S.Sos., M.A.P mengatakan Asesmen Nasional sebagai evaluasi sistem tidak memiliki konsekuensi pada murid peserta Asesmen Nasional.
Asesmen Nasional, lanjutnya merupakan evaluasi sistem pendidikan, bukan penilaian terhadap murid, guru, atau kepala sekolah sebagai individu. AN dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi perbaikan kualitas pembelajaran. Pemetaan dan umpan balik bagi satuan dan dinas pendidikan (tidak ada skor individu murid, guru, kepala sekolah) Dikatakan, Asesmen Nasional memberi gambaran yang komprehensif tentang tumbuh kembang karakter dan kompetensi dasar murid serta kualitas lingkungan belajar, guna mendorong upaya gotong royong untuk melakukan transformasi satuan pendidikan.
"AN juga mengukur tumbuh kembang karakter dan kompetensi dasar literasi-numerasi murid serta kualitas pembelajaran, iklim keamanan, kebhinekaan dan inklusivitas di satuan pendidikan dengan metode yang teruji dan hasil yang akurat, tukasnya.
Hasil Asesmen Nasional disampaikan melalui Rapor Pendidikan sebagai gambaran komprehensif untuk dasar penyusunan perencanaan dalam rangka peningkatan tumbuh kembang karakter dan kompetensi dasar literasi-numerasi murid serta kualitas lingkungan belajar.
Karena itu, lanjutnya diperlukan gotong royong murid, pendidik, kepala satuan pendidikan, pemerintah daerah, orang tua dan masyarakat untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Asesmen Nasional agar bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Pelaksanaan AN yang berintegritas bermanfaat untuk melakukan transformasi satuan pendidikan. Hasil AN mendorong upaya transformasi satuan pendidikan dan bukan dijadikan alat untuk memeringkatkan satuan pendidikan apa adanya dapat menjadi cermin yang jelas.
Ditambahkan diharapkan pihak swasta membantu kelancaran proses pelaksanaan Asesmen Nasional (kestabilan listrik dan jaringan internet) Orang tua ikut mendukung pelaksanaan Asesmen Nasional Satpen/ lembaga ikut mendukung pelaksanaan AN untuk satpen yang menumpang Menyebarluaskan informasi mengenai pelaksanaan Asesmen Nasional Masyarakat menyediakan tempat untuk pelaksanaan Asesmen Nasional.
Tim Schoolmedia