Berita
Semangat Inklusivitas di Satuan PAUD Sekolah Alam Pelopor Rancaekek Mendapat Apresiasi Mancanegara
Berita 2024-12-09 | 08:00:00
PAUDPEDIA —- Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) Sekolah Alam Pelopor Rancaekek, Kabupaten Bandung merupakan salah satu satuan pendidikan “Satu Atap” yang sukses melaksanakan pendidikan inklusi. Apresiasii sejumlah praktisi dan tokoh PAUD mancanegara yang melakukan kunjungan dan studi banding terdokumentasi.
PAUD Sekolah Alam Pelopor berlokasi di Jl. Kaktus Raya Perumahan No.100, Rancaekek Wetan, Kec. Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40394. Sekolah ini berdiri di atas tanah seluas 1 hektare. Memasuki kompleks pendidikan ini kesan inklusivitas sangat kental terasa.
Pendidikan inklusif merupakan sistem pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk belajar bersama, tanpa memandang perbedaan mereka. Pendidikan inklusif bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang adil dan merata, serta menghargai keragaman dan kebutuhan belajar setiap siswa.
Pendidikan inklusif memiliki beberapa prinsip, di antaranya: Menerima perbedaan, Pembelajaran fleksibel, Dukungan yang menyeluruh, Adanya kerjasama tim. Pendidikan inklusif dapat diterapkan di semua jenjang pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).
Di Indonesia, pendidikan inklusif diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Morning Fun dan Morning Spirit
Berada di Satuan PAUD yang telah 25 tahun berdiri ini, Tim PAUDPEDIA memiliki kesan mendalam. Pasalnya kedatangan tim terasa menjumpai sahabat lama almarhum Kang Dedi atau Pak Haji yang telah menggoreskan tinta emas kebaikan untuk pendidikan anak usia dini. Almarhum Kang Dedi Wahyudi Mustofa merupakan praktisi pendidikan yang ikut membidani lahirnya Direktorat PAUD bersama Prof Fasli Djalal, Dr Gutama, Dr Sujarwo, Dr Sukiman etc. Gagasan dan ide besarnya merancang PAUD berkualitas dengan Konsep Sekolah Alam diimplementasikan almarhum melalui lembaga pendidikan PAUD- SD Sekolah Alam Pelopor.
Almarhum mengembangkan konsep pendidikan bahwa segala bentuk sumber daya yang disediakan oleh alam, merupakan limpahan kenikmatan yang bagi makhluk hidup di muka bumi, seluruhnya. Hingga manusia hidup damai bersama-sama dengan alam. Alangkah indah bila kedua “kubu” itu bisa berjalan beriringan, dan hal tersebut bias kita lihat di sebuah sekolah dasar (PAUD -SD) di Bandung, yaitu PAUD-SD Alam Pelopor (APEL) atau biasa di singkat PAUD-SD Apel.
Sekilas PAUD SD ini tidak seperti sebuah lembaga pendidikan, malah lebih mirip seperti sebuah vila. Maklum, PAUD ini terletak di tengah sawah dan desain bangunannya menyerupai vila. Tapi jangan salah, PAUD ini memang sengaja disandingkan dengan alam, karena alam adalah bagian dari metode pembelajaran siswa di sekolah ini.
Saat ini sekolah dikelola oleh Istri Almarhum, Imas Maryani yang juga Kepala Sekolah SD Sekolah Alam Pelopor. "Prinsip belajar di PAUD Alam Pelopor adalah “Fun Learning” dan “Prestatif Learning”. Salah satu rutinas menyenangkan tercermin dari rutinitas pagi dalam kegiatan Morning Fun dan Morning Spirit yang membuat anak bersemangat untuk datang ke sekolah
“Fun” artinya gembira atau menyenangkan, sehingga proses pembelajaran di PAUD Alam Pelopor harus dilakukan dalam suasana gembira dan menyenangkan, dengan demikian ada beberapa syarat untuk terselenggaranya pembelajaran menyenangkan sebagai berikut," ujar Imas Maryani, M.Pd Ketua Yayasan Sekolah Alam Pelopor.
Dikatakan sarana dan prasarana sekolah yang kondusif sehingga peserta didik merasa nyaman untuk belajar, baik suasana kelas, lingkungan sekolah, tempat bermain, wc sekolah, taman dan kebun sekolah. Standar pelayanan sikap guru dalam melayani pembelajaran, seperti bertutur kata santun, bijaksana, adil, ramah dan murah senyum, tegas, bisa mengendalikan kemarahan, mengajar dengan penuh kasih sayang, menjadi contoh dalam berbagai hal bagi peserta didiknya.
Diperlukan penerapan model pembelajaran bagi anak usia dini yang tepat untuk menggali setiap potensi mereka. Tentunya, media belajar yang mudah ditemui, dan juga unsur lokal harus disertakan dalam proses tersebut sehingga anak-anak mampu mengenali diri mereka, serta tahu dari mana mereka berasal.
Transformasi Sentra ke Panggung
Dijelaskan oleh Imas, dirinya dan almarhum suami berhasil melakukan transformasi model pembelajaran sentra menjadi model pembelajaran panggung yang diselenggarakan oleh PAUD Sekolah Alam Pelopor, Bandung.
Dikatakan, almarhum saat membangun sekolah melihat penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dengan menerapkan model pembelajaran sentra kurang mampu memunculkan unsur kelokalan di daerah Rancaekek, Bandung sehingga founder beralih untuk menggunakan model panggung yang lebih dekat dengan keseharian masyarakat dan juga anak-anak.
Model panggung terinspirasi dari model sentra yang terdiri dari beberapa sub bagian. Bila model sentra terdiri atas sentra persiapan, sentra seni, sentra bahan alam, sentra balok dan sentra bermain peran.
Sedangkan dalam penerapan model panggung, terdapat sebelas sub bagian yang dikembangkan, yakni panggung sandiwara, panggung memasak, panggung pembangunan, panggung jelajah, panggung sains, panggung kasundaan, panggung pembangunan, panggung imtak, panggung berkebun dan panggung beternak.
Prinsip belajar di PAUD Alam Pelopor adalah “Fun Learning” dan “Prestatif Learning”. “Fun” artinya gembira atau menyenangkan, sehingga proses pembelajaran di PAUD Alam Pelopor harus dilakukan dalam suasana gembira dan menyenangkan, dengan demikian ada beberapa syarat untuk terselenggaranya pembelajaran menyenangkan sebagai berikut :
Sarana dan prasarana sekolah yang kondusif sehingga peserta didik merasa nyaman untuk belajar, baik suasana kelas, lingkungan sekolah, tempat bermain, wc sekolah, taman dan kebun sekolah.
Standar pelayanan sikap guru dalam melayani pembelajaran, seperti bertutur kata santun, bijaksana, adil, ramah dan murah senyum, tegas, bisa mengendalikan kemarahan, mengajar dengan penuh kasih saying, menjadi contoh dalam berbagai hal bagi peserta didiknya.
Penggunaan metodologi pembelajaran, penggunaan media dan alat peraga yang variatif, kreatif, atraktif, komunikatif yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran yang partisipatif dan interaktif.
“Prestatif” artinya orientasi pembelajaran diarahkan untuk mencapai tujuan pencapaian standar kompetensi yang diharapkan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan Pemerintah di Satuan PAUD Alam Pelopor. Indikatornya adalah :
Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal ujian atau test baik yang diselenggarakan lokal sekolah, Dinas Pendidikan maupun Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. Peserta didik dapat berkompetisi dan dapat menunjukkan prestasinya dalam berbagai kegiatan lomba atau olimpiade pada semua mata pelajaran, baik Sains, Matematika, Bahasa Inggris dan yang lainnya.
Peserta didik dapat mengembangkan bakat/talentanya dan dapat berkompetisi secara sehat dan prestatif dalam berbagai kegiatan inspiratif dan inovatif. Peserta didik dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya sesuai dengan yang diharapkan.
Visi, Misi, Tujuan dan Prinsip Belajar
Visi yaitu menjadi sekolah terdepan dalam membentuk pribadi anak shaleh yang memiliki wawasan lingkungan hidup dan IPTEK. Misi adalah melakukan proses pembelajaran dalam membangun kecerdasan majemuk peserta didik dengan mengedepankan kedaulatan para pendidiknya. Melakukan proses pembelajaran dalam membangun cara pandang peserta didik terhadap lingkungan alam, sehingga amanah pada tugasnya sebagai khalifah di muka bumi.
Melakukan proses pembelajaran dengan menjadikan alam sebagai sumber utama pembelajaran dalam mengembangkan sikap ilmiah peserta didik. Menyediakan, mendidik, dan mengembangkan tenaga pendidik yang professional, amanah, memiliki integritas keilmuan, dan komitmen yang kuat dalam pendidikan. Menyediakan, mendidik, dan mengembangkan tenaga pendidik yang professional, amanah, memiliki integritas keilmuan, dan komitmen yang kuat dalam pendidikan.
Menyediakan dan mengembangkan sarana dan prasarana sekolah yang alami, estetis, asri, sehat, sehingga sekolah menjadi lingkungan yang kondusif dalam mengembangkan potensi peserta didik.
Menjalankan system manajemen sekolah yang professional, amanah, transfaran, dan akuntabel.
Menjadi model atau contoh sekolah yang melakukan proses pembelajaran berwawasan lingkungan alam.
Tujuan PAUD Sekolah Alam Pelopor
Membangun masyarakat sekolah yang terdiri dari siswa peserta didik, guru, tenaga pendukung pendidikan, orang tua, dan masyarakat sekitar menjadi insan yang shaleh, yang meliputi keshalehan hakiki berupa ketaqwaan kepada Allah SWT, keshalehan social, keshalehan terhadap alam dan keshalehan keilmuwan.
Membangun pondasi akhlak peserta didik sehingga memiliki sikap yang baik, santun, sopan, bijaksana, ilmiah, jujur dan amanah.
Membangun keterampilan hidup (life-skills) peserta didik sehingga menjadi anak yang sehat, berani dan mandiri dalam mengarungi kehidupan di masa depan.
Membangun pengetahuan keilmuwan kepada peserta didik, sehingga ia menyadari, memahami dan menguasai ilmu pengetahuan secara holistik.
Mengembangkan bakat/talenta serta potensi peserta didik secara professional sehingga akan menjadi bekal untuk kehidupannya di masa depan.
Menjadikan warga sekolah yang terdiri dari siswa peserta didik, guru, tenaga pendukung pendidikan, orang tua, dan masyarakat sekitarr sebagai kader pecinta lingkungan.
Peliput : Aris, Galih, Idang
Penyunting : Eko Harsono
InfoTerkini
76.771 Kampung Keluarga Berkualitas Siap Sukseskan Wajib Belajar 13 Tahun
Berita 2025-06-02 | 16:42:00
...
selengkapnyaHari Lanjut Usia Nasional, Indonesia Memasuki Era Populasi Menua
Berita 2025-05-30 | 06:35:00
...
selengkapnyaSinergi untuk Anak Papua: Merauke Bergerak Wujudkan Wajib Belajar 1 Tahun Prasekolah
Berita 2025-05-29 | 10:05:00
...
selengkapnya