RuangArtikel
Pengelolaan Lingkungan Belajar yang Mendukung Transisi PAUD-SD
PAUDPEDIA — Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, lingkungan belajar yang mendukung transisi PAUD-SD dapat membantu anak melewati masa transisi dengan baik. Saat memulai bersekolah, sebagian anak merasakan ketidaknyamanan, seperti mengalami ketegangan dan kecemasan untuk bersekolah. Hal ini disebabkan karena terjadi perubahan sistem lingkungan sosial yang cukup signifikan bagi anak, dari belajar berbasis bermain ke pembelajaran formal. Beberapa hal yang bisa dilakukan guru dalam mengelola lingkungan belajar di masa transisi sebagai berikut.
- Guru dapat membantu anak melewati masa transisi dengan menerapkan play based learning sebagai metode yang dapat membantu anak dalam beradaptasi di sekolah karena aktivitas belajar yang dikemas melalui bermain masih memberikan nuansa pembelajaran di PAUD sehingga anak tidak merasa kaget dengan suasana pembelajaran yang formal.
- Membantu anak untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya. Mengenalkan anak ke lingkungan sekolah dengan berkeliling dan bercerita. Kegiatan ini selain membuat anak akrab dengan suasana sekolah juga dapat menstimulasi berbagai aspek aspek perkembangan.
- Menumbuhkan rasa ingin tahu pada anak dengan memberi kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan sekolah serta media pembelajaran yang tersedia di sekolah.
- Melakukan asesmen awal pada setiap aktivitas yang dilakukan oleh anak di dalam maupun di luar kelas untuk mengidentifikasi minat dan gaya belajar anak yang digunakan sebagai dasar merancang pembelajaran.
- Memberi kesempatan kepada setiap anak untuk menyampaikan identitas dirinya, seperti nama, alamat, anggota keluarga, kesukaan, dan kebiasaan yang sering dilakukan di rumah.
- Menata ruangan kelas dengan menarik dan melibatkan semua anak dalam aktivitas belajar yang menyenangkan dan bermakna.
- Mengakomodir aktivitas belajar menyenangkan yang mencakup semua aspek perkembangan yang menjadi dimensi kesiapan sekolah.
Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, mari bersama-sama menciptakan suasana sekolah yang ramah dan nyaman bagi anak-anak kita yang memasuki SD supaya anak-anak dapat menikmati pembelajaran penuh makna.
Penulis | : Felisitas Ndeot |
Editor | : Ifina Trimuliana |
Kurator | : Ilman Saputra |
Referensi
Winitri, R., & Hapidin, Y. N. (2019). Analisis Pemahaman Guru pada Pembelajaran Transisi terhadap Hasil Belajar Matematika Anak.Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD,6(2), 116-121.
Musfita, R. (2019, May). Transisi PAUD ke Jenjang SD: Ditinjau dari Muatan Kurikulum dalam Memfasilitasi Proses Kesiapan Belajar Bersekolah. InProsiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP(Vol. 2, No. 1, pp. 412-420).
2023-02-28 | 06:32:00