Berita
Tahun Keempat Direktorat PAUD Berikan Penguatan Fasilitator Program PAUD HI
Berita 2023-07-18 | 10:13:00
PAUDPEDIA — Plt Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek, Komalasari mengatakan tahun 2023 merupakan tahun ke empat Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Ditjen PAUD Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah menggelar Bimbingan Teknis penguatan calon fasilitator Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI). Melalui kegiatan ini pada tahun 2023 dipersiapkan 500 Fasilitator PAUD HI yang akan mentransformasikan ilmu dan pengetahuannya terkait kebutuhan esensial dan tumbuh kembang anak di 50 Kabupaten/Kota di Indonesia yang tahun ini akan melaksanakan program PAUD HI.
"Para fasilitator diharapkan dapat meningkatkan kapasitas guru, orangtua dan ekosistem Pendidikan Anak Usia Dini untuk terlibat aktif dalam percepatan penurunan stunting termasuk menjawab miss konsepsi tentang akronim dan terminologi PAUD HI," ujar Komalasari dalam sambutan pembukaan Bimtek Penguatan Fasilitator PAUD HI di Tangerang, Banten, Senin - Rabu (17-20/7).
Dijelaskan PAUD-HI merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. PAUD-HI bertujuan menyediakan layanan bagi anak usia dini yang diselenggarakan secara terintegrasi dan selaras antarlembaga layanan melalui komitmen semua unsur terkait.
Tahun 2022, Direktorat PAUD memberikan bantuan program PAUD HI kepada 50 Kabupaten/Kota, dengàn jumlah Satuan Pendidikan 5.469 satuan. Sejak bantuan PAUD HI diluncurkan pada tahun 2020, jumlah Satuan Pendidikan yang mendapat program PAUD HI sebanyak 15.455 satuan yang tersebar di 150 Kabupaten/Kota.
Berdasarkan pengamatan PAUDPEDIA yang ikut melakukan pendampingan, sejumlah Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota serta Satuan Pendidikan yang telah melaksanakan program PAUD HI memberikan apresiasi kepada Tim Direktorat PAUD karena melalui kegiatan pendampingan ini mereka mendapat banyak transfer knowledge atau pengetahuan baru yang dapat diketahui oleh Dinas Pendidikan serta fasilitator sehingga inovasi delapan standard serta pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dapat dilakukan secara tepat.
Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Inovasi, Transformasi, dan Kerjasama Lintas Program Direktorat PAUD Kemendikbudristek, Lestari Kusumawardani mengatakan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) yang berkualitas merupakan salah satu kunci penting pembangunan sumber daya manusia sejak usia dini. Data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjukan sudah hampir 70 % satuan Pendidikan Anak Usia Dini telah mengimplementasikkan PAUD-HI dan dilakukan pada 50 kabupaten/kota di Indonesia.
"Sesuai dengan Perpres Nomor 60 Tahun 2013, Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan guna memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi," ujarnya.
Terkait upaya percepatan penurunan stunting yang menjadi prioritas Pemerintah dimana Presiden telah menetapkan target penurunan prevalensi stunting sebesar 14% pada tahun 2024, dan akhir tahun 2022 telah tercapai 21% dan masih perlu sinergi, kemitraan dan kolaborasi lebih baik seluruh komponen dan elemen masyarakat. Dalam ikut serta melakukan percepatan penurunan stunting, Kemdikbudristek lewat Direktorat PAUD dan GTK PAUD telah melakukan sejumlah terobosan program.
Untuk mengoperasionalkan Peraturan Presiden tersebut, Rencana Aksi Nasional (RAN) PAUD-HI 2020-2024 disiapkan sebagai acuan pelaksanaan pusat dan daerah. Namun, meski kerangka kerja nasional untuk PAUD-HI sudah ditetapkan, operasionalisasi pemerintah daerah terhadap kebijakan RAN dan kebijakan PAUD-HI sangat bervariasi yang mengakibatkan perbedaan besar dalam pembiayaan dan akses terhadap layanan PAUD-HI.
Gugus Tugas PAUD-HI merupakan lembaga yang diamanatkan oleh RAN PAUD-HI. Peran Gugus Tugas ini meliputi koordinasi pembuatan kebijakan PAUD-HI, sinkronisasi penyusunan rencana program, kegiatan, dan anggaran PAUD-HI, mobilisasi sumber dana, sarana, dan daya dalam rangka pelaksanaan PAUD-HI, koordinasi pelaksanaan pemantauan dan evaluasi PAUD-HI, serta advokasi dalam rangka pelaksanaan PAUD-HI.
Pelaksanaan PAUD HOLISTIK INTEGRATIF dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas, dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif.
Peliput dan Foto Eko
InfoTerkini
PENTINGNYA KONSISTENSI ATURAN DALAM MENDIDIK ANAK
Ruang Artikel 2025-05-14 | 08:17:00
...
selengkapnyaQuo Vadis Wajib Belajar 1 Tahun Prasekolah, Wajar 13 Tahun Perlu Masuk di Revisi UU Sisdiknas
Berita 2025-05-13 | 09:48:00
...
selengkapnya